Cara Menjadi Customer Service Yang Baik

  • savira 

Disetiap pertumbuhan perusahaan persaingan selalu terus bertambah, tidak hanya di dunia internet, di dalam dunia bisnis yang nyata pun, persaingan usaha nyata pun semakin tinggi.

Perusahaan dituntut bersaing untuk menciptakan produk unggulan, selain itu perusahaan juga harus bisa memberikan layanan yang memuaskan bagi para konsumen mereka.

Untuk menciptakan keunggulan dalam bidang layanan, pendekatan secara langsung tentu harus terlihat memuaskan bagi para mitra, dan konsumen. Dan customer service lah tombak layanan yang harus dikelola oleh perusahaan sebagai salah satu bentuk untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi para konsumen.

Untuk itu, berikut adalah cara menjadi customer service yang baik :

Memiliki Respon Yang Cepat

Pelanggan selalu ingin mendapatkan respon yang cepat dari piihak customer service atau layanan service. Seorang customer service harus bisa memberikan respon yang cepat kepada para konsumen mereka. Jika respon yang diberikan lama, tentu hal itu akan membuat calon konsumen atau konsumen merasa tidak dilayani dengan baik. Dan mengakibatkan nilai buruk dimata calon konsumen atau konsumen.

Menguasi Produk Yang Dijual

Tidak lucu jika seorang customer service sudah pintar berkomunikasi akan tetapi tidak menguasai produk. Tentu hal itu akan membuat konsumen atau calon konsumen tidak percaya terhadap pihak perusahaan. Padahal seorang customer service akan selalu ditanya tentang produk yang iya sampaikan.

Oleh sebab itu pasti biasanya pihak perusahaan selalu mentraining customer service mereka seputar produk yang akan ia sampaikan.

Komunikasi Yang Baik

Seorang customer service harus bisa memberikan komunikasi yang baik terhadap calon konsumen dan konsumen. Selain menggunakan bahasa yang mudah dipahami, pihak customer service harus memiliki etika dan rules dalam bekerja. Biasanya pihak customer service dilarang berkomunikasi yang mengandung unsur merendahkan pelanggan, atau menjatuhkan perusahaan lain.

Meski pelanggan berkata kasar atau menjatuhkan perusahaan, pihak customer service harus tetap membalas komunikasi pelanggan dengan kata yang baik dan lebih baik. Selain itu customer service harus bisa menyampaikan produk dengan komunikasi bahasa yang baik pula.

Sabar dan Tidak Mudah Marah

Ujian menjadi seorang customer service adalah tekanan batin, tentu customer service tidak lepas dari seorang manusia biasa, pastilah memiliki rasa amarah ketika calon pelanggan atau pelanggan merasa menjelekan, atau memancing emosi saat berkomunikasi.

Akan tetapi, customer service harus tetap sabar dan tidak mudah marah dalam menyikapi pelanggan atau calon pelanggan seperti hal tersebut.

Mau Menerima Komplain

Customer service yang baik adalah mereka yang mau menerima komplain dari pihak pelanggan. Karena tentu perusahaan ingin melihat kekurangan mereka melalui komplain yang disampaikan oleh pihak pelanggan. Tentunya, pihak customer service harus mampu menerima komplain dari pelanggan dan tidak terpancing emosi saat pelanggan memberikan kritik dan saran atau komplain.

Jadi Pendengar Yang Baik

Customer service harus bisa menjadi pendengar yang baik, hal itu tentu saling berkaitan dengan apa yang disampaikan seperti hal diatas. Menjadi pendengar yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan akan membuat mereka menyampaikan apa yang ingin mereka utarakan.

Oleh sebab itu bekerja menjadi seorang customer service harus siap untuk menyediakan telinga mereka untuk para pelanggan.

Mampu Meyakinkan Pelanggan

Kemampuan untuk menyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh setiap customer service. Tentunya cara meyakinkan tersebut harus disertai dengan berbagai argumen yang dapat diterima akal sehat. Selain itu, seorang customer service yang baik juga harus mampu melayani pelanggan hingga mereka merasa senang dan puas karena kebutuhan mereka telah terpenuhi.

Intinya, pihak customer service harus bisa memahami tentang keluhan konsumen, menjadi pendengar, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan dengan bahasa yang baik dan enak untuk didengarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *