Cara Memulai Bisnis Online Yang Tepat

  • savira 

Cara memulai bisnis online sebenarnya dapat dipelajari oleh siapa saja, bahkan tidak menutup kemungkinan bagi mereka para generasi muda sekalipun. Persaingan bisnis yang ketat dalam kehidupan nyata, membuat pasar online menjadi salah satu peluang untuk memulai bisnis baru.

Menentukan cara atau langkah yang tepat untuk memulai bisnis online tidak lah mudah, tidak semua bisnis online dapat berjalan dengan baik dan lancar. Terlebih, jika kamu hendak memulai atau pertama kali ingin memulai, maka kamu harus benar-benar mengerti resiko dalam memulai bisnis online.

Didalam bisnis online, tidak semua bisnis tiba-tiba dapat langsung mendapatkan banyak konsumen. Tentu ada beberapa faktor dibelakang hal tersebut, yang dapat meningkatkan konversi penjualan. Hal itu tentu ditunjang dengan investasi waktu, tenaga, fikiran, dana, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa cara yang tepat untuk kamu terapkan dalam menentukan bisnis online kamu.

Menentukan Ide Bisnis Online, Tau Apa Yang Akan Dijual

Jika kamu ingin terjun dalam bisnis online, tentu kamu harus tau apa yang akan kamu pasarkan atau tawarkan kepada calon konsumen. Disini kamu harus dituntunt untuk lebih kreatif dalam memilih ide bisnis, jika kamu tidak mengerti apa yang akan kamu tawarkan kepada calon konsumen, maka bisa jadi kamu tidak cocok untuk mencoba berbisnis online.

Untuk menemukan ide bisnis, biasanya kamu dapat melihatnya dari barang-barang yang dijual dimarketplace, jasa yang ditawarkan di dunia online, membaca refrensi produk wawralaba, atau bahkan melirik ide dari problem yang ada dilingkungan sekitar dan kamu menciptakan solusinya..

Jika ide tersebut telah terbentuk, maka kamu sudah bisa dikatakan siap untuk memulai bisnis online.

Riset Pasar Dengan Melihat Lingkungan Sekitar Atau Pasar Digital (Sosial Media)

Setelah memiliki ide dan gagasan bisnis, tentu kamu harus melakukan tahap kedua, yaitu melakukan riset pasar atau melihat kebutuhan pasar terhadap ide bisnis atau produk yang akan kamu tawarkan.

Riset pasar ini dapat kamu lihat dari lingkungan sekitar terdekat kamu, atau kamu mencoba melihatnya pada forum jual beli di media sosial. Langkah terbaik, kamu bisa melihat kompetitor dari bisnis yang akan kamu hadirkan tersebut.

Jika dirasa kompetitor sangat minim, dan minat pasar tinggi, pasti bisnis kamu akan sangat cocok untuk dijalankan secara online. Akan tetapi, jika kompetitor tinggi, dan minat pasar tinggi, maka kamu harus kreatif dan inovatif untuk menarik minat calon konsumen.

Permintaan akan kebutuhan jasa layanan dan produk, tentu mengikuti pergerakan pasar, oleh sebab itu kamu harus benar-benar teliti dalam mencermati pergerakan pasar. Apakah itu tentang kebutuhan pokok, teknologi, gaya hidup, jasa dan layanan, atau lain sebagainya.

Mulai Ciptakan Produk Atau Bisnis

Setelah tahap satu dan dua telah kamu lewati, maka mulailah dengan menciptakan produk dari bisnis kamu. Kamu bisa memulai dari hal terkecil terlebih dahulu, kamu bisa menawarkan produk kamu dilingkungan sekitar, dan di tambah pemasaran secara online, dengan memasarkan produk tersebut melalui media sosial, seperti instagram, facebook, whatsapp group, marketplace, website dan lain sebagainya.

Contoh produk atau bisnis online yang bisa kamu ciptakan : Jual produk lokal, jual produk supplier, jual jasa seo, jual layanan hosting dan server, jual jasa pembuatan website, jual jasa pemasaran digital, jual aplikasi, jual software, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari beberapa jenis produk atau bisnis online diatas, kamu dapat memulai dengan ide yang telah kamu dapat melalui tahap pertama. Tentu hal itu memerlukan pertimbangan yang ekstra hati-hati, jangan sampai bisnis kamu berhenti ditengah jalan hanya karena faktor resiko yang tidak kamu fikirkan.

Mulai Membangun Brand Awareness Kepada Pasar

Setelah beberapa tahap diatas kamu lewati, maka kamu harus memulai untuk membangun brand awareness. Brand ini bertujuan untuk memikat pasar agar mengingat merek produk atau bisnis kamu.

Sepertihalnya Cuci Laundry 3456, tentu kamu bisa mengenal bisnis ini melalui online, mungkin melalui mesin pencarian, atau beberapa media sosial. Hal itu menandakan bahwa brand atau merek perlu untuk dipasarkan agar mereka mengetahui tentang apa yang kamu tawarkan.

Biasanya para pelaku bisnis, akan menggunakan jasa periklanan untuk membangun brand awareness mereka. Bisa menggunakan jasa periklanan pihak ketiga, atau langsung pada penyedia jasa periklanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *